Janda Ini Dihujat karena Gajinya Terlalu Besar, Bosnya Minta Maaf

Image result for wanita tua sendiri siluet
istimewa
Menikmati puasa di hari tua menambah hidupku lebih bermakna. Aku menjalaninya dengan kekhusukan. Apalagi suamiku sudah tiada. Di sisa usiaku yang sudah tak muda, 71 tahun, aku wakafkan diriku untuk agama dan bangsa.

Aku menjalani puasa karena ini perintah agamaku. Aku berbagi dan berkarya untuk rakyat karena ini seruan negaraku. Aku menjalani nilai Pancasila sebagai dasar negaraku. Aku juga sangat peduli dengan wong cilik.

Namun, di tengah syahdunya menjalani hidup ini, tiba-tiba hatiku menjadi gundah walaupun sebentar. Saat itu, aku dihujat dan dituding mendapatkan gaji terlalu besar atas pekerjaanku. Salahku apa?

Semua mata rakyat menuding aku. Padahal aku tidak meminta gaji itu. Bahkan sekadar membicarakan kepada bosku pun aku tidak pernah memintanya. Aku ikhlas bekerja untuk bangsa dan negara ini. Apalagi keutuhan bangsa sedang dipertaruhkan dengan lunturnya nilai-nilai Pancasila.

Aku terdiam. Aku merenung. Akhirnya aku menemui bosku. Betul saja,  bosku meminta maaf duluan. Aku jadi tidak enak. Aku bilang kepada bosku. Tenang saja, gak usah dibawa ke dalam hati, apalagi ini sedang bulan puasa.

Setelah itu, aku kembali menjalani rutinitasku. Aku tak ambil pusing berita sosmed mengusik kehidupanku apalagi mengganggu ibadah puasaku. Oh, negeriku, mengapa sampai hari ini masih saja ada orang yang iri terhadap sesama anak bangsa?