Tak Hanya NU dan Katolik, di Indonesia Ada Juga Pancasila Garis Lucu

meme salam pancasila

meme salam pancasila

meme salam pancasila

meme salam pancasila

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi menjadi sorotan publik. Setelah dilantik menjadi kepala BPIP ia melontarkan pandangan-pandangan kontroversi. Mulai dari Agama dianggap musuh Pancasila hingga Assalamualaikum bisa diganti dengan ucapan Salam Pancasila.

Atas kontorversi tersebut, Yudian Wahyudi melakukan karifikasi soal pernyataanya. Ia menegaskan bahwa dirinya tidak menyebutkan seperti itu. Banyak catatan yang ia berikan.

Namun, tetap saja klarifikasi yang diberikan tak banyak mengubah persepsi masyarakat atas ucapan kontroversinya. Bahkan ada yang menuntut Yudian minta maaf dan bahkan ayang meminta mundur. Kalau tidak mau mundur, mereka menuntut Presiden Jokowi memecat Yudian Wahyudi.

Namun, ada juga kelompok lain yang menganggap pernyataan Ketua BPIP semacam guyonan atau bercandaan. Tak perlu dijawab dan ditanggapi dengan serius. Ucapannya dipandang tak bermakna dan bikin ketawa. Pandangannya soal Pancasila dianggap kelompok Pancasila Garis Lucu.

Pemandangan Garis Lucu mengingatkan kita nama-nama akun-akun populer di media sosial seperti akun twitter NU Garis lucu, Katolik Garis Lucu. Namun, NU dan Katolik Garis Lucu ini benar-benar kelucuannya bernas dan berkonteks. Tapi kalau Pancasila Garis Lucu, kelucuan yang tidak lucu yang membuat orang marah.