Humor Ramadhan Bikin Ngakak, Ngaku NU Gak Hafal Qunut?

Ilustrasi Salat Subuh (Foto/Pixabay)

HUMOR - Guyonan di bulan Ramadhan bertebaran di media sosial. Cerita soal batal puasa, waktu imsak, salat tarawih, hingga iklan puasa di stasiun televisi. Tampaknya, guyonan makin seru kalau dilakoni oleh Ormas Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

NU dan Muhammadiyah dua ormas besar di Indonesia. Keduanya memiliki ciri khas atau metodoligi tersendiri dalam mengambil kesimpulan hukum. Kadang di antara mereka melahirkan fatwa hukum yang berbeda. Misalnya, soal baca qunut di waktu salat subuh.

Bagi jamaah NU, membaca qunut di waktu salat subuh sebuah kelaziman. Sementara bagi warga Muhammadiyah baca qunut di waktu salat subuh bukan sebuah sunnah. Jadi NU baca qunut, Muhammadiyah tidak.

Praktik tentang qunut itu kemudian menjadi bahan guyonan oleh petinggi Muhammadiyah dengan mengunggah cuitannya di akun Twitternya.
 
"TIDAK HAFAL QUNUT
Suatu pagi di sebuah masjid kampung seusai subuh.
Kyai: Anak muda, Kesini! 
Pemuda: ya Kyai.
Kyai: Kamu Muhammadiyah ya?
Pemuda: Tidak Kyai. Saya NU.
Kyai: Kalau NU kenapa tidak qunut?
Pemuda: Saya tidak qunut karena tidak hafal, Kyai." tulis Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti dengan akun @Abe_Mukti, 13 Mei 2020.

Unggahan guyonan Abdul Mu'ti makin kocak komentar warganet saat di-retweet oleh akun Twitter Muhammadiyin GARIS LUCU. "Me ngaku NU tapi tidak hafal qunut mana suaranyaaaaa???" cuit @MuhammadiyinGL.

Sontak kolam komentarnya ramai guyonan warganet.

"Heee...ini kejadian anak sayawaktu ulangan disekolah...pas ulangan praktek agama Islam Shalat Subuh sm gurunya suruh pake Qunut..krn anak sy gak hafal doa Qunut...eehhh dia jawab .....pak Guru..saya Muhammadiyah....dpt nilai 8....," komentar Hary Dwikora @hdwikora

"Jadi inget, waktu kuliah, KKN di desa mayoritas NU, disuruh ngimami pas subuh saya & tmn2 ga ada yg mau krn ga ada satupun yg pake qunut. Yg nyuruh ngimami subuhan ya lucu, lupa kayanya kelompok yg lg KKN dari kampus MU," tulis Han @hanmufi

"Aku NU Aku Apal qunut. Tapi fleksibel ae kok : lek subuh e antara jamaah sampe jam set 6 gawe qunut. Lek subuh e jam 7 keatas ga pake qunut," jelas Letek kopi @ddion12

"Mungkin dia selalu sholat subuh dengan berjamaah, jadi qunut nya tinggal amiin amiin Doang," jawab elqusyairi_28 @Elqusyairi28

"Saya kalo jamaah NU dong, tp kalo sendiri ya MU, la gak apal qunut," ujar Freeed E nya Tiga @FredoLuthfi

"Saya ngga hafal. Kadang ikut NU kadang ikut MU," tulis kakfir @firfirfirr

"Justru bnyk MD yg hafal, krn mayoritas di-imami NU,"  celoteh Suroboyo Garis Lugu @dickyrachmadp