Temukan Foto Wisuda Jokowi dalam 2 Bulan, Ternyata Seorang Profesor

Prof. Dr. Drs. Henri Subiakto, SH, MA (Foto/Youtube/HenriSubiakto)

Usaha Guru Besar Komunikasi Universitas Airlangga (Unair) Henri Subiakto tak sia-sia. Tantangan warganet untuk membuktikan Jokowi kuliah di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, terjawab tuntas.

Dalam waktu dua bulan, Prof. Dr. Drs. Henri Subiakto, SH, MA berhasil menemukan dokumentasi foto Jokowi kuliah di UGM. Tak hanya foto wisuda saja, tapi juga mendapatkan foto-foto aktivitas Jokowi lainnya saat kuliah.

Ada foto Jokowi saat di kantin Fakultas Kehutanan UGM, foto Jokowi bersama mahasiswa pecinta alam, dan yang utama foto Jokowi saat diwisuda. Jokowi masuk UGM tahun 1980 dan lulus 1985.


Keseriusan Henri Subiakto ini tak main-main. Nalurinya sebagai akademisi muncul. Ia ingin membuktikan bahwa tuduhan Jokowi bukan lulusan UGM adalah tidak benar.

Henri sendiri pernah kuliah S1 di Fisipol UGM. Ia adik kelas Jokowi dengan beda fakultas. Henri angkatan 1982 dan lulus 1987. Meski beda fakultas, Henri berusaha mencari kontak kakak-kakak kelasnya, khususnya yang seangkatan dengan Jokowi di Fakultas Kehutanan UGM.

Dari penelusuran itulah, ia kemudian mendapatkan satu per satu foto-foto Jokowi saat kuliah di UGM. Bahkan usahanya untuk mengunggahnya di media sosial Twitter mendapatkan dukungan dari teman-teman angkatannya Jokowi. 

Foto-foto Jokowi akhirnya diunggah di Twitter  pada akhir April untuk menjawab tantangan mencari foto Jokowi 24 Februari 2020 lalu. 



Jokowi saat wisuda (Foto/Twitter/HenrySubiakto)


Jokowi bersama teman-teman kuliah (Foto/Twitter/HenrySubiakto)


Jokowi bersama teman dekatnya (Foto/Twitter/HenrySubiakto)


"Saya tidak ada tujuan lain selain menyampaikan data, agar orang terjauh dari fitnah. Kakak angkatan saya se alumni, teman pak Jokowi mendukung klarifikasi saya ini. Demi menepis fitnah tak berdasar," jelas  @henrysubiakto, 30 April 2020.